Pages

Ads 468x60px

Sharing Ilmu Pengetahuan

CORBA (Common Object Request Broker Architecture)

what is corba ?? apa itu corba ? ? Corba atau dengan kata lain (Common Object Request Broker Architecture) sebuah middleware yang dihasilkan oleh sebuah konsorsium bernama OMG (Object Management Group) dan digunakan untuk melakukan pemrograman jaringan terdistribusi dan open system, dimana obyek yang dipanggil tidak hanya berasal dari program yang dibuat dengan bahasa java saja tetapi juga bisa dibuat dengan bahasa lain. CORBA didesain agar komponen cerdas diizinkan untuk dapat saling menjelajah satu dengan yang lain dan saling berinteraksi melalui suatu objek bus yang bernama ORB (Object Request Broker). Corba merupakan standar sistem terdistribusi karena dengan menggunakan corba sistem secara keseuruhan dapat saling terhubung dan berkomunikasi antar platform yang berbeda (sistem operasi dan hardware).
Corba memilikiInterface Definition yang mendukung mapping ke suatu bahasa pemrograman tertentu dan juga menyediakan API untuk berkomunikasi antar obyek secara remote.

Perbandingan RMI dan Corba 
 
CORBA arsitektur


KELEBIHAN corba:
• Programer dapat dengan mudah menulis aplikasi yang mampu bekerja secara independent antar platform dan jaringan
• Memberikan kemampuan untuk mengintegrasi software aplikasi yang berbeda,tanpa harus tergantung pada fasilitas komunikasi tingkat bawah
• Bekerja secara baik dengan beberapa midleware-midleware yang ada,termasuk microsoft distributor sistem(DCOM) .suport penggunaan secara statis maupun dinamis
• Memberikan ekstensi optional untuk area yang tidak bisa dijamah oleh core aplikasi.

1 comment:

  1. permisi gan, saya ada sedikit tulisan mengenai protokol websocket dalam beberapa bahasa pemrograman berikut: http://datacomlink.blogspot.co.id/2015/11/implementasi-server-websocket-rfc-6455.html ditunggu feedback-nya ya gan, semoga menambah wawasan bersama.. terima kasih gan..

    ReplyDelete

Your comments are very valuable

 

Sample text

Sample Text

Sample Text